Fungsi dan Jenis Ups yang Dibutuhkan Sehari-hari
Maret 18, 2020
Paket Internet Unlimited Tanpa FUP
Maret 24, 2020
Show all

Apa Saja Komponen di Dalam Ups?

Ups adalah komponen terpenting yang akan dikolaborasikan dengan sistem kerja dari komputer. Banyak sekali perusahaan atau perkantoran yang membutuhkan ups untuk meningkatkan kinerja dari sistem komputer ketika lampu padam oleh PLN. Maka dari itu, Anda bisa segera melakukan pembelian ups di Jd.id atau Anda ingin melakukan jual ups untuk server saat ini dan akan menggantinya dengan ups baru. Tenang saja, jangan perlu khawatir semua akan beres ketika Anda mengakses Jd.id.

Ketika Anda ingin membeli ups untuk server yang baru tenang saja harga ups untuk server di Jd.id sangatlah terjangkau dan pas dengan dompet Anda saat ini. Perlu untuk Anda ketahui, terdapat diskon dan promo besar-besaran di Jd.id. Maka dari itu, segeralah untuk membeli Ups di Jd.id. Tanpa perlu pikir panjang, karena terdapat banyak manfaat di dalam Jd.id. Bahkan, sudah banyak orang yang mempercayai Jd.id sebagai tempat bertransaksi jual dan beli.

Membahas mengenai hal ini, tentunya Anda ketika ingin membeli segera ups untuk server dengan spesifikasi yang baru ada di Jd.id. Tetapi, sebelumnya apakah Anda mengetahui tentang komponen-komponen yang ada di dalam Ups? Pastinya tidak semua orang mengetahui tentang komponen dari ups.

Komponen yang Ada di Dalam Ups

 Melihat hal bahwa tidak semua orang tahu mengenai komponen yang terdapat di dalam Ups, maka kali ini ada beberapa penjelasan mengenai komponen dalam mesin ups dan diantaranya yaitu:

1. Filter

Filter yang ada di dalam ups ini merupakan block ata bagian yang mempunyai fungsi untuk melakukan eliminasi gangguan dari kelistrikan. Tidak hanya itu, bahwa filter di sini digunakan untuk ups yang berjenis line interactive kelistrikan atau automatic voltage stabilizer. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa mesin ups dengan jenis ini akan memberikan proteksi yang peka terhadap adanya hambatan ataupun gangguan dari arus listrik. Tapi, untuk skala proteksinya sendiri terbatas. Ketika Anda membeli ups dengan jenis online maka disebut dengan EMI.

2. Power supply dan charger

Power supply dan charger merupakan bagian yang digunakan untuk memberikan perubahan terhadap tekanan tegangan AC dari listrik utama PLN. Tidak hanya itu saja, tegangan DC mulai terbentuk layaknya genset diesel. Sedikit informasi, bahwa DC ini mampu dimanfaatkan untuk menjalankan komponen yang aktif agar bisa bergerak dengan lancar.

3. Baterai

Baterai merupakan komponen utama dalam ups. Fungsi yang utama dari baterai adalah untuk menyimpanan energi listrik yang akan digunakan untuk menjadi sumber utama ketika listrik padam dan butuh untuk menjalankan komputer.

4. Rangkaian Inverter

Komponen yang berada di dalam ups adalah rangkaian inverter. Rangkaian inverter di sini memiliki fungsi untuk memberikan perubahan atas tegangan bernama DC yang asalnya dari baterai. Baterai sendiri mengubahnya menjadi tegangan AC untuk menjalankan kegunaan dari komputer.

5. Transfer Switch

Transfer switch adalah komponen yang penting juga. Fungsi dari transfer switch adalah memberikan hubungan diantara beban dengan output yang dihasilkan oleh rangkaian inverter. Selain, itu bisa digunakan untuk menghubungkan langsung dari beban ke sumber dari listrik. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa proses ini dinamakan sebagai Bypass proses. Bypass proses ini hanya dapat terjadi di Ups online.

Bagaimana komponen-komponen penting dalam Ups? Komponen dari Ups ini memiliki peran masing-masing dan bisa memberikan manfaat serta fungsi yang begitu besar. Maka dari itu, segera beli ups di Jd.id.